Kenalan Bersama Yulia Amalia Santriwati MA Anwaha Kelas XII

 Penulis : Yulia Amalia | Editor : Ust. Misran, S.Pd.

Karya Santriwati Madrasah Anwarul Hasaniyyah, Marindi.

"KENALAN BERSAMA YULIA AMALIA SANTRI MA ANWAHA KELAS XII"

Assalamualaikum, wr.wb

Perkenalkan nama saya Yulia Amalia  yang biasa dipanggil Yulia ,amal ,iyul dll .

Umur saya sekarang menginjak 18 tahun saya bersekolah di pondok pesantren anwarul hasaniyyah yang biasa dikenal dengan Anwaha kalau sekolah formalnya saya sekarang menduduki kelas XII (dua belas) dan sekolah pondok nya saya kelas 1 Tsanawiyyah.

    Mengenai pondok  nya itu terkenal masyaallah yang dipimpin oleh mudirul Ma'had anwarul hasaniyyah yaitu Al ustadz Muhammad Ali bosthomi yang biasa dikenal dengan ustadz Ali.

Beliau selalu mengingatkan kepada kami penting nya 3 perkara yaitu rajin belajar ,rajin Khidmah dan taat peraturan itulah yg paling ditekankan beliau ,kata beliau" kalo kalian mengamalkan 3 perkara niscaya kalian akan beruntung,berkah dan manfaat ilmu kalian. Dan ada banyak lagi ilmu yang beliau ajarkan kepada kami seperti ilmu shorof,nahwu ,fiqih,tauhid dan banyak lagi saya belum saya sebutkan.beliau sangat gemar mengajarkan ilmu selain itu jika kita mengajarkan kan nya maka kita akan mendapatkan pahala berarti kita telah melakukan amal ma'ruf  nahi Munkar dan itu juga termasuk sikap tolong menolong dalam kebaikan dan takwa . seperti didalam hadits yang diriwayatkan oleh sayyidina Ibnu abas RA berkata, rasul SAW bersabda ;"barangsiapa yang mengajarkan ilmu yang telah dia ketahuinya,maka Allah akan menunjukan apa yang belum diketahuinya.dan hikmah mengajarkan ilmu merupakan amalan mulia disisi allah sebab selain diajarkan yang mengajak pun juga mendapatkan pahala.

   Siang ini saya sedang berada dipondok bersama teman saya lalu kami melihat mushola yg biasa di digunakan para santri putri untuk tempat beribadah terlihat sangat kotor dan banyak terdapat  banyak kotoran hewan disana lalu saya dan teman saya bertekad untuk membersihkan nya ,kami mulai membersihkan kotoran- kotoran itu lalu saya kemudian menyapu dan setelah selesai  teman saya yang satu nya itu mulai mengepel setelah itu kami merapikan Qur'an.

   Lalu kemudian kami pergi ke WC untuk mencuci tangan dan kami melihat banyak sampah -sampah yang berserakan lalu kami juga melihat banyak baju yang keleleran .kemudian kami membersihkan sampah yang berserakan itu, sebagian orang melihat sampah akan jijik melihat nya dan tidak mau membersihkan nya tetapi jika kita tidak membersihkan nya maka akan mengakibatkan banjir,mendatangkan penyakit dan  akan terganggu kesehatan selain itu juga banyak lagi akibat -akibat yang lain.

   Dan didalam Islam juga kita dianjurkan untuk bersih seperti didalam hadits yaitu kebersihan sebagian dari iman . Lalu setelah kami selesai membersihkan sampah kemudian kami membersihkan baju -baju yang keleleran sebagian dari santri jika ada baju yang jatuh maka mereka tidak mau menggambil nya jadi kami bersiasat untuk melelang baju- baju yang keleleran itu. Dan jika dilihat , segala usaha pemeliharaan lingkungan pada dasarnya sama dengan menjaga agama,karena perbuatan dosa pencemaran dan pengrusakan lingkungan sama dengan menodai subtansi keberagamaan yang benar yang secara tidak langsung meniadakan eksistensi manusia sebagai Khalifah (sebagai pemimpin di muka bumi).

   Malam ini saya disuruh orang tua saya untuk mengajari adik saya seperti membaca dan menulis mulai dari mengari mengaji ,membaca sampai menulis .setelah itu saya dipanggil orang tua saya kemudian saya menghampiri nya beliau kata beliau " bantu mama bikin lauk" kemudian saya menjawab " iya ma".lalu saya  membantu ibu saya mulai dari membersihkan ikan lalu mencuci sayur sampai selesai.

   Seperti hadist yang diriwayatkan dari sayyidina Anas bin Malik;"Rasullullah sallaulah hualaihi wassallam pernah bersabda ;"siapa yang dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezeki nya,maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali silaturahmi ( kekerabatan). (HR THABRANI).

   Dan juga  membantu kedua orang tua merupakan kewajiban anak dirumah yang paling utama. 

0 Komentar